MEMBACA

 

Banyak cara kita mempelajari hal baru, hal yang ingin kita tahu. Salah satunya yang murah meriah (kalau ada perpustakaan) adalah membaca, membaca majalah, buku, koran, tabloid, bulletin dan media sejenis lainnya. Buku bisa buku pelajaran sekolah adik, kakak, teman, novel, karangan ilmiah. Koran bisa koran lokal, nasional, koran bekas bungkus kacang rebus, bekas alas sholat Ied di lapangan, bekas bungkus ikan asin yang agak basah-basah amis gimana gitu ??. Bulletin bisa diperoleh dari lembaga-lembaga sosial, masjid ketika beribadah sholat Jumat di manapun pasti ada, tapi kalau yang satu ini selayaknya kita menukar dengan infak seikhlasnya ke kotak amal yang telah disediakan agar perjuangan, niat baik dari yang membuat tetap berlangsung terus., karena yang satu ini banyak dimuati idealisme penulis yang ingin menyebarkan informasi, ilmu, pengetahuan yang walaupun hanya satu ayat, patut kita hargai dan beri semangat agar mereka terus berkarya ( thanks guys atas ketulusannya membiayai sendiri beredarnya bulletin yang bias menyadarkan, membangunkan banyak orang dari tidurya…Salut!!).

Semua bidang bisa jadi menarik perhatian, tergantung seberapa besar keingintahuan kita. Dibandingkan pengetahuan seluruh manusia di segenap penjuru dunia saja, pengetahuan kita cuma nooool besar, apalagi kalau boleh saya membandingkan dengan betapa banyaknya rahasia Tuhan yang telah menciptakan alam semesta yang belum diberikan kepada umat manusia.

Geografi, fisika, biologi, matematika, astronomi, sosial, politik, filosofi, agama, psikologi, sejarah (banyak bohongnya), teknologi, hiburan, kimia, teknik….semuanya menarik, semuanya wajib kita pelajari. Biar nggak cepat bosan, membiasakan membaca bisa kita atur dengan ritme perjalanan hidup dan ritme keingintahuan kita tentang suatu hal, pas mobil mogok di jalan bisa mengingatkan kita bahwa kita nggak tahu apa-apa tentang otomotif, cari buku tentang buku otomotif pada saat ada kesempatan lain, tentang aki, mesin, perawatan mobil, proses bekerjanya mobil kok sampai bisa jalan ( nggak cuma tahu nginjak gas aja lalu mobil jalan), sehingga sedikit demi sedikit kita bisa memecahkan masalah kita sendiri dan siapa tahu suatu saat nanti, apa yang telah kita baca dan pelajari sebelumnya bisa digunakan untuk menolong orang lain yang sedang mengalami masalah seperti yang pernah kita alami. Dengan membaca kita bisa mendapatkan faedah dan semoga saj apa yang telah kita ketahui akan berfaedah untuk orang lain, mengambil faedah dan kemudian memberi faedah (kapan penuhnya ?? Itulah rahasia ilmu!).

Buku tentang psikologi nggak kalah menariknya, seringnya kita membaca bisa membuat kita memahami watak dan karakter manusia sehingga diharapkan kita bisa lebih dewasa, bisa menerima beragamnya watak manusia yang menjadikan kita lebih arif, bijaksana dalam meyikapi persoalan-persoalan sosial kemasyarakatan yang kita hadapi sehari-hari.

Jangan pernah bosan membaca !!

Kunci pengetahuan ada pada buku, mulailah membaca apapun itu !!

Fasilitas seperti internet, perpustakaan bagaikan pintu menuju sisi lain di mana pengetahuan menjadi milik semua orang yang mau untuk saling memberi dan menerima, saling mengingatkan, saling menasehati guna memperoleh kebenaran hakiki yang merupakan proses bagi semua orang untuk menuju perubahan pribadi-pribadi sehingga terbuka gerbang kebodohan menuju era pencerahan global.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s