I LOVE CARTOON WORLD

Mengikuti semua informasi dari pemberitaan di tv selalu mengarah ke pemikiran mendalam betapa banyaknya masalah di dunia yang makin tua ini. Power, kekuasaan, politik, keserakahan, perang, ambisi, kapitalisme, pembentukan opini sesat.

Sepertinya tidak ada lagi tempat bersembunyi yang bisa membuat kita tenang, membuat hati tidak selalu menjerit, semua hal yang bersumber pada masalah cinta dunia selalu membuat mata yang telah lelah, merah, tetap melihat, kuping yang telah berkurang fungsinyapun masih harus terus mendengar.

Tapi jangan khawatir, masih ada satu bagian informasi yang bisa kita lihat dan dengar, tanpa kita harus capek berpikir bahkan membuat kita bisa melupakan sejenak semua rantai permasalahan dunia yang membelit manusia. Kartun !

Banyak sekali film kartun, tokoh kartun yang telah berkontribusi mengurangi kepenatan kita dengan santai sejenak melupakan dan membius kesadaran kita akan betapa beratnya tugas dan kewajiban manusia hidup di dunia.

Mickey Mouse, Donald Trumph,.. eh sorry, Donald Duck, Abbot & Castello, Tom & Jerry, Coyote & Road Runner, Doraemon, Beavis & Butthead, Shinchan, Kobochan, Conan, Spongebob, Courage The Cowardly Dog, Popeye, Casper, Frankenstein dan lain-lain.

Dunia kartun adalah dunia yang bebas ekspresi, bebas melakukan apa saja yang diinginkan. Tubuh terpotong atau dipotong pisau tanpa rasa sakit ( yang terlihat sih cuma jerit kesakitan yang dibuat-buat), tubuh terimpa benda berat, tubuh dilindas mobil hanya gepeng saja lalu terbang seperti kertas saat tertiup angin, bola mata bisa sampai keluar dari kelopaknya karena kaget atau takut, tubuh melayang megikuti aroma masakan lezat, kalau mau lari pasti ancang-ancang dulu dengan cara lari tempat, kalau berlari atau berjalan tanpa sadar di ujung tebing masih saja bisa melayang di awang-awang setelah sadar atau diberitahu tokoh kartun yang lain baru kemudian melihat ke bawah sehingga dia terjatuh karena efek gravitasi bumi yang berlaku lagi.

Dunia kartun memang dunia bohong yang tidak berniat membohongi kita, lain dengan dunia ini, dunia real yang membohongi kita. Kebohongan dalam dunia kartun menjadi suatu kejadian yang bisa kita terima tanpa mempermasalahkannya. Suatu kebohongan yang jujur, tidak merugikan.

Adakah kebohongan di dunia nyata yang tidak menimbulkan efek bola salju ?

Semua orang suka film kartun, tidak itu anak-anak, orang dewasa, orang tua, laki-laki, perempuan. Sifat kekanak-kanakan ada pada diri setiap orang dari semua golongan usia, orang butuh waktu khusus untuk melupakan sejenak beban hidupnya di dunia.

Bisnis kartun juga sangat menguntungkan bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Walt Disney dengan keuntungan yang besar, semua industri kartun dari hulu ke hilir bisa meraup untung, bahkan untuk yang namanya pembajak sekalipun. Boneka, kaos, fashion, stiker, pin, mainan, kemasan,…semua menarik dan menguntungkan.

Tokoh karun yang mana favorit anda ?

Kecerdasan pembuat cerita kartun dan animatornya yang bisa menggambarkan dengan sedikit atau banyak mendramatisir susana, kejadian, dialog, dialek, suara, gerak dan tingkah polah tokoh kartun secara detail terkadang membuat kita berpikir bahwa itu semua adalah sindiran khas kartun atas kehidupan manusia sebenarnya yang memang “lucu”. Animator yang berkarya secara kreatif dan inovatif bisa menunjukkan kebebasan mereka berekspresi secara maksimal tanpa batasan persepsi, aturan, norma, teori yang dianut manusia. Mau apa saja, model bagaimanapun bisa terjadi di dunia kartun, dua tangan diikat seperti mengikat tali, jari bengkak sebesar mangga karena terpukul palu, kaki yang bisa ditarik seperti karet, jantung berdegup kencang sampai seolah akan keluar dari rongga dada, air mata yang mengalir deras bak air terjun dan adegan-adegan aneh, lucu lainnya yang tidak masuk akal tapi tetap masuk di akal.

Dunia ini memang mirip dunia kartun

Dunia ini hanya permainan dan senda gurau belaka bagi manusia

Siapa yang bermain ?….Manusia

Siapa yang bersenda gurau ?…. Manusia

Siapa yang jadi korbannya ?…. Manusia

kamu siapa ?…. Manusia

Apa yang kamu inginkan ?

Kalau boleh memilih, aku lebih memilih dijadikan burung atau tanaman saja di dunia ini.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s