REVOLUSI-REVOLUSI DAN AKIBATNYA

Proses  perubahan yang berlaku dalam kurun waktu setengah abad sudah bisa disebut revolusi. Revolusi industri, revolusi teknologi informasi. Proses perubahan yang sempat dialami seumur hidup manusia sudah relatif cepat dan bisa dibilang sebuah revolusi

Revolusi membawa perubahan terhadap kehidupan manusia secara menyeluruh dan membuatnya menjadi sangat tergantung akan produ dan produk-produk turunannya. Terakhir yang terjadi adalah revolusi teknologi informasi yang seolah menjadi katalisator terjadinya revolusi lain yang bakal terjadi. Dengan keterbatasan informasi, seseorang atau sekelompok orang harus berupaya secara mandiri untuk mengurusi detail-detail dari proyek besarnya, hal ini tidak berlaku ketika seseorang tau sekelompok orang tinggal memanfaatkan sumber daya yang sudah ada dengan tinggal merangkainya saja sehingga mempercepat proses terwujudnya revolusi hal-hal baru. Revolusi yang kita alami saat ini adalah masa perubahan teknologi informasi diawali dengan ditemukannya komputer yang sangat cepat perkembangannya, ditambah adanya suatu bentuk jaringan antar komputer yang disebut internet yang terbukti banyak mempengaruhi cara kerja semua orang pada bidang kerjanya masing-masing.

Kilas balik menganalisa revolusi sebelumnya, yaitu revolusi industri perlu dilakukan untuk dapat memahami proses perubahan yang global dan cepat. Sejak dimulainya revolusi indistri di daratan Eropa, segala sesuatu bahan kebutuhan manusia dimuka bumi diproduksi secara massal. Asalkan ada riset awal yang dilakukan untuk meramalkan dan membuat sebuah prototype sebuah benda atau produk kebutuhan manusia, ditambah dengan kecerdasan manusia untuk merancang manusia lain agar tergantung terhadap benda atau produk ciptaannya, proses produksi massal segera dilakukan diikuti dengan sistem pemasaran yang akan berjalan dengan sendirinya guna memenuhi permintaan pasar.

Berbagai macam ciptaan, ide, baik itu berbentuk fisik maupun non fisik memacu orang lain untuk berpikir dan bergerak lebih maju menciptakan wahana dan sarana yang baru yang sebelumnya bahkan tidak terpikirkan sama sekali atau malah dianggap sebagai suatu hal yang mustahil.

Proses akan lebih cepat dipengaruhi watak dasar manusia yang tidak mau kalah, serakah sehingga akan saling bersaing sampai dapat diketahui siapa yang dapat bertahan dalam proses seleksi alam.

Salah satu produk industrialisasi yang mengalami percepatan dan memiliki kecepatan sangat tinggi adalah produk-produk computerized termasuk PC dan segala macam hardware maupum software pendukungnya, portable mass storage, usb, flash disk, kamera dan semua jenis gadget berbasis komputer dengan chip prosesor yang berkecatan semakin baik. Semua industri di bidang ini sangat terintregrasi oleh pasar menghasilkan produk yang selalu mengalami perubahan yang semakin bermutu baik dari segi kecepatan, bentuk, performance, fungsi dan harga yang semakin murah.

Hal ini menimbulkan dua sisi yang saling berlawanan untuk saling bersaing. Sisi baik dan sisi buruk. Sisi membangun dan sisi merusak. Ibarat pahlawan dengan penjahat, penjaga dengan penyusup. Mereka semua akan mengeluarkan seluruh daya upayanya untuk saling mengalahkan.

Belum lagi strategi launching produk yang diatur sedemikian rupa sehingga suatu penemuan yang fanyastis dikeluarkan sedikit demi sedikit melalui beberapa edisi dan versi yang selalu diperbaharui agar konsumen bisa disedot habis nafsu konsumtifnya. Teknologi seluler dikeluarkan bertahap dari yang terlihat kuni dulu hingga paling canggih sekarang, padahal sebenarnya teknologi paling baru komunikasi 3D sudah ditemukan seperti layaknya di film-film futuristik. Perjalanan teknologi seluler dari radio dua searah, dua arah, radio berlayar monochrome, TFT, VGA, smartphone, 3G, Blackberry, iphone, 3d Communicator perlu dilakukan produsen pemain besar untuk mengoptimalkan pendapatan mereka dalam doktrin bisnis untuk menguras habis uang calon konsumen berjiwa materialis. The show must go on, we’re controlling the show.

Jangan terlalu bangga kalau hanya sekedar memiliki benda canggih, anda hanya pemakai saja, sedangkan yang menciptakannya saja hanya tersenyum melihat hasil kerja keseluruhannya berhasil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s