I AIN’T GOT NOTHING

I ain’t got nothing

Feeling so small

 

Kesempatan hidup yang masih berlangsung membuat aku berpikir betapa bodohnya aku jikalau sampai detik ini aku tidak mendapatkan apapun, aku tidak memberikan apapun.

Terkadang pikiran-pikiran untuk melakukan perubahan selalu bermunculan tanpa adanya tindak lanjut berarti, aku butuh teman untuk bekerjasama memanfaatkan kesempatan hidup ini untuk memperoleh kepuasan lahir bathin yang berguna untuk menggapai apa yang selama ini aku yakini akan datangnya saat yang menyenangkan pada fase kehidupan setelah mati.

Tapi apalah itu jikalau selama ini perbuatan, kegiatan, kebiasaan yang aku lakoni hanya untuk kepentinganku sendiri. Egois memang.

Seolah-olah ingin memperoleh keuntungan tanpa modal dan usaha berarti. Ingin hidup bahagia di akhirat tapi segala tindak tanduk di dunia hanyalah yang layak bagi ahli neraka. Keyakinan yang belum cukup membuatku tidak merasa terikat secara permanen untuk melakukan perintah Allah, setiap ibadah yang kulakukan bukan untuk kepentingan pribadi di dunia dan akhirat tapi lebih untuk kepentingan pribadi di dunia.

Apalah aku yang bisa mengatur setiap keinginanku. Padahal setiap tarikan dan henbusan nafas memang sudah diatur oleh Yang Kuasa. Setiap detail perbuatanku sudah direncanakan oleh Yang Kuasa. Tapi kesombongan dan sifat mudah lupa akan hakekat skenario hidup sering membuat aku seolah bisa mengatur setiap apa yang kuinginkan, seolah tidak ada yang telah menggariskan. Bukannya lalu aku terbebas dari ikatan takdir tanpa berusaha memahami untuk sekedar menjalaninya.

Tulisan yang aneh…memang, aku sendiri bingung mau menuangkan pikiran yang sedang berkecamuk di dalam gudang pertanyaan di hati dengan bahasa yang bagaimana ? Aku ingin menuangkan sesuatu yang aku sendiri tidak pasti darimana harus memulai, mau memikirkan apa, bingung !

Pertanyaan makin bertumpuk bertambah banyak, bertanya kepada siapa, mau tanya pertanyaan tepat yang mana ?

Aku menjalani hidup seolah jatah hidupku pasti masih panjang…Padahal siapa tahu beberapa detik ke depan jatah hidupku di dunia, kesempatan bertani di dunia habis, bencana datang kapan saja, maut menjemput bisa setiap saat, gempa, kecelakaan, tanggul jebol, tersedak permen, kesetrum, atau apapun itu sampai ruh terlepas dari jasmani.

Bingung, selalu bertanya-tanya, selalu berusaha mencari jawaban, selalu mengubah jawaban yang sebelumnya sudah diyakini paling benar. Kebenaran hakiki atas pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul itu dimana ?

Setiap pertanyaan selalu bisa kuanalisa, kujawab, kuambil kesimpulan. Tapi selalu saja ada yang salah, selalu saja ada revisi. Apakah ini yang namanya menjalani hidup, bergerak, berpikir, berubah tiada henti sampai datang kehadiran tamu terakhir sesosok malaikat pencabut nyawa secara tiba-tiba, entah sedang apa nanti aku, sedang bermaksiat, sedang menyeberang jalan, sedang tidur, sedang makan, sedang menolong semut yang gelagapan tenggelam dalam kopi manis yang baru kutinggalkan sejenak, sedang menyebar biji buah yang kukumpulkan sepanjang perjalanan menuju tempat kerja, sedang pamer kebaikan kepada orang lain, sedang menyembunyikan aib dari orang lain, sedang ngomongin orang lain, sedang menembak burung hanya untuk kesenangan, sedang memancing, sedang menunggu kesempatan untuk berbuat kejahatan….

Tapi yang pasti, keyakinan yang kurang, ilmu yang kurang, yang membuat aku menjalani kesempatan hidup ini dengan seenakku sendiri. Kesadaran akan kesempatan hidup untuk dimanfaatkan yang cuma sekali yang selalu terlupa.

Nasehatilah aku !

Ingatkanlah aku seperti ibuku selalu memaksaku bangun untuk sholat subuh

Tapi yang paling penting, Allah berikanlah kehendakmu agar setiap apa yang kujalani akan bermuara ke satu tujuan akhir seperti yang telah Kau tetapkan dan…seperti akhir yang kuidamkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s