SUARA KEADILAN

SUARA KEADILAN

Sosok Agung Ali Bin Abi Thalib RA

George Jordac

( The Voice of Human Justice )

Karachi Pakistan 1997

 

 

Siapakah gerangan manusia yang tercerahkan, di mana dirinya sendiri menderita dan mengalami kesakitan tapi memberi berkah dan membahagiakan orang lain tersebut ? Dialah yang terus menerus berusaha mempersiapkan jalan bagi para sahabatnya juga pada musuhnya ! Seorang ilmuwan yang benar-benar dipersiapkan untuk menjelaskan segala sesuatu pada orang lain setelah ia memaparkansebab akibatnya !

 

“ Jika seseorang mati kelaparan maka penyebabnya adalah si perampas hak “

“ Laranglah orang dari melakukan penumpukan kekayaan, karena hal itu akan menjerumuskan rakyat dan memperburukkan citra penguasa “

 

Sahabat yang paling buruk adalah sahabat yang bersifat kaku (tidak memberi kebebasan), sedangkan sahabat yang baik adalah orang yang memberi keleluasaan.

 

Apakah anda kenal seorang penguasa yang tak pernah makan kenyang bila rakyat sekelilingnya kelaparan, dia tidak mau mengenakan pakaian yang bagus bila yang lain berpakaian jelek, dia tidak mau mengumpulkan kekayaan karena banyak orang miskin di sekitarnya.

 

“ Demi Allah bila kalian melanggar harta milik umum maka pasti saya akan melakukan tindakan tegashingga kamu jatuh miskin, susah dan hina.”

 

Untuk orang kaya pelaku riba

“ Takutlah pada Allah, kembalikan harta kepada pemiliknya, bila tidak dan pada saat itu aku memegang tampuk kekuasaan pasti akan kulaksanakan tugas padamu karena Allah, aku akan menebaskan pedang penghantar mautmu.”

 

Pernahkah anda mendengar raja atau penguasa yang pernah menggiling biji-bijian dengan tangannya sendiri untuk dibuat roti, yang tidak dapat dihancurkan begitu saja, kecuali dengan menguras seluruh tenaganya ?  Ali memperbaiki sendiri sepatunya, Ali tidak bergairah menimbun harta, karena yang dia ingat hanyalah orang yang menderita dan tertindas, dia mengetahui hak mereka atas penindas, dan membuat mereka selalu ceria.

Dia tidak pernah memperdulikan makanannya, tidak pernah pula ingin tidur pulas hanya karena ada beberapa orang di negerinya menderita kelaparan. Dia yang dengan fasihnya berkata, “ Haruskah saya bangga disebut Amirul Mukminin, sementara saya tidak turut menanggung kesulitan mereka ?”

 

Pemerintahan dan kekuasaan yang tidak mempraktikkan kebenaran dan tidak melenyapkan kebohongan, adalah makhluk terburuk di dunia.

 

Tidak ada martabat yang lebih luhur dari kerendahan dan kelembutan hati.

 

“ Barangsiapa mencintaiku bersiap-siaplah memakai jubah kemiskinan ( bersiap-siaplah menjalani hidup miskin ).

 

“ Hukmlah saudaramu dengan cara yang baik dan perbaiki sifat buruknya dengan cara yang luhur.”

 

“ Saudaramu sama lemahnya denganmu, dia tidak akan mampu mencabik-cabik ikatan cinta dan persahabatan, oleh karena itu pereratlah tali persaudaraanmu, saudaramu tidak berlaku jahat lebih cepat darimu jika kamu memperlakukannya dengan baik .“

 

“ Sahabatmu adalah orang yang mencegah kamu melakukan hal yang buruk, dan musuhmu adalah orang yang membujuk kamu melakukan kejahatan.”

 

Lakukanlah kebenaran walaupun bahaya mengancammu, dan jauhi dusta meskipun bermanfaat bagimu.”

 

“ Bila seseorang tidak berterima kasih atas kebaikanmu, tidak berarti kamu mesti menghentikan perbuatan baik itu.”

 

“ Bila kita mengabaikan kesenangan dunia maka kesenangan yang memadai adalah akhlak yang baik.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s